SEJAUH APAKAH LOMPATAN KITA KETIKA DI TEST OLEH GURU OLAH RAGA SD KITA? SO, BAGAIMANA KALAU LOMPATNYA DI KEJAR ANJING YANG SUPER GALAK DENGAN AIR LIURNYA YANG DERAS SEPERTI AIR MINERAL 20 ml TUMPAH DARI  BOTOL....?



Klo boleh usul, kayaknya kejadian diatas memang sangat terjepit banget situasi dan kondisi. Bisa jadi, kita semua pernah yang ngalamin kondisi seperti ini. Cuman yang jadi pertanyaannya kita mampu lompat dengan sukses gak? So, mari kita cari tahu.....


Untuk kejadian pertama : Sejauh apa lompatan kita ketika di test oleh guru olah raga SD kita?


  • Analisanya : Bisa di katakan biasa saja sih klo di targetkan hanya 5 m dengan ancan-ancang 10 m ....... waduh-waduh, ternyata hasil dan usaha gak balance kalau dikaitkan dengan Ilmu Ekonomi. sehingga bisa dikategorikan memang sampai target tapi sebenarnya gak maksimal hasilnya. yah, klo dikaitkan kembali ke Ilmu Ekonomi. yah, minimal Usaha dengan Hasil adalah  (50:50) ini tidak rugi dan tidak untung, atau (60:40) nah, ini baru untung atau bisa di bilang sukses sebagai pelompat ulung. Sehingga dasar yang memotivasi atau penyemangat lebih tepatnya dalam hal untuk menggerakan bobot Body kita untuk melompat saat di  test PenJasKEs adalah nilai yang baik di Rapot untuk mata pelajaran PenJasKes (Hore senangnya, yipi) dan ekspresi wajah guru yang agak kurang menyenangkan dilihat bila kita gagal (mungkin sangkaan kita aja kali yah).




So, Bagaimana dengan lompatan kita ke atas pagar atau pohon ketika dikejar anjing super galak dengan air liur 20 ml/detik menetes ke tanah?


  • Analisanya : wah, untuk hal ini mungkin beda dengan kondisi yang kejadian pertama soalnya sudah menyangkut kehormatan dan harkat derajat kita sebagai manusia. kenapa? Soalnya kita manusia secara fisik lebih besar dan lebih pintar dari pada Anjing super Galak dengan air liur 20 ml/detik menetes ke tanah. Sehingga klo secara kecepatan fisik kita akan kalah tapi bila di imbangi dengan kecerdasan otak kita, bisa jadi hal itu berbalik dan kita yang menang atau tepatnya terhindar dari basahnya liur 20ml/detik dan taring-taring yang diasahnya setiap hari 3 kali sekali yaitu pagi, siang, dan sore (maksudnya kita gak ke gigit). Tapi bila di kaitkan dengan Ilmu Fisika ini yang namanya Percepatan dengan satuan m/s2 dan yang membuat m/s2 itu adalah taring-taring yang diasah 3 kali sehari.



Tapi bagaimana bila secara Fisik otot kaki kita seperti kutu anjing atau sering di sebut kutu loncat yang dapat loncat 300 kali lebih jauh dari ukuran tubuhnya. mungkin kita sudah menjadi atlet lompat jauh yang handal dan rajin mandi serta menggosok gigi dengan 300 kali ukuran tubuh kita atau diterjemahkan dalam bahasa keseharian yaitu dengan sekali lompat bisa melewati 2 buah kapal titanic. Sehingga pada kedua situasi krisis yang disesuaikan oleh kemampuan kita masing-masing di atas bisa gampang terlewati.......



Salam Penulis, catatan ini hanya menuangkan idea hayalan tingkat sedang saja. jadi, jangan di anggap serius yah.....

Semoga terinspirasi....