Minecraft adalah permainan sandbox yang diciptakan oleh Mojang yang dipimpin oleh Markus 'Notch' Persson dari Swedia. Setelah Persson pergi, pada tahun 2011, Jens 'Jeb' Bergensten mengambil alih kendali Minecraft sebagai Developer Game Mojang.

Minecraft difokuskan pada Kreativitas dan Pembangunan, yang memungkinkan pemain untuk membangun apapun dari kubus bertekstur dalam dunia 3D. Alur permainan dalam rilis komersial memiliki 4 mode:

  • Survival, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya dan memiliki poin nyawa dan kelaparan, masing-masing 20.

  • Hardcore, sama seperti mode Survival, hanya saja tingkat kesulitan terbuka pada pengaturan paling sulit dan tidak dapat hidup kembali, memaksa pemain untuk menghapus dunianya setelah mati.

  • Creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tidak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupun kelaparan.

  • Mode Penonton (Spectator), di mana pemain berbenturan dengan langit, dan tidak mampu melihat, namun berinteraksi dengan blok.

  • Versi klasik juga tersedia secara bayar, meski sudah tidak dikembangkan lagi. Mode Creative menyerupai klasik, tetapi dengan lebih banyak fitur.


Pada mulanya, Minecraft dirilis dalam versi alpha pada tanggal 17 Mei 2011, dan versi beta pada tanggal 20 Desember 2011. Sebuah versi untuk Android dirilis pada tanggal 7 Oktober 2011, dan versi Mac iOS dirilis pada tanggal 17 November 2011. Pada tanggal 9 Mei 2012, Minecraft dirilis untuk Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, serta untuk PlayStation 3 pada tanggal 17 Desember 2013. Kedua edisi konsol sedang dikembangkan oleh 4J Studios, dan versi lengkap dari PC permainan ini dirilis pada 18 November 2012 di MineCon 2012. Pada tanggal 25 Juni 2014, permainan ini telah terjual lebih dari 12 milyar salinan untuk Xbox, 15 milliar salinan untuk PC dan hampir 54 milliar salinan untuk semua platform.

Minecraft telah dibeli oleh Microsoft pada tanggal 16 Agustus 2014.

Minecraft tersedia untuk beberapa platform seperti, Minecraft: Java Edition (Windows, Mac, dan Linux), Minecraft (Bedrock Edition, Android, iOS, Windows 10, Xbox, dan Switch), dan Minecraft: Console Edition (Xbox, dan PlayStation).

Setelah versi 1.2 (Better Together Update), Minecraft: Pocket Edition, Windows 10 Edition dan Console Edition (Kecuali PlayStation) akan disatukan dalam satu judul yaitu "Minecraft" sedangkan versi PC (Java) akan berganti nama menjadi "Minecraft: Java Edition".




Seorang pemain di Minecraft memiliki banyak kebebasan untuk memilih cara bermain dengan tujuan utama selamat dari serangan oleh monster, juga dikenal dalam permainan sebagai hostile mobs (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creepers, Wither, dan Slime), membuat tempat tinggal/bangunan dan membunuh player. Inti dari alur permainan tersebut adalah membangun. Permainan tersebut pada dasarnya terbuat dari kandang, diatur dalam pola kandang tetap yang mewakili kandang yang berbeda, seperti ayam, babi, berbagai burung, kuda, dan keledai. Sementara itu pemain dapat bergerak bebas di seluruh dunia, benda dan barang-barang hanya dapat ditempatkan di lokasi yang tidak tetap yang relatif terhadap kandang. Pemain dapat mengumpulkan hewan dan menempatkan mereka di tempat yang sama, sehingga berpotensi menciptakan berbagai kandang.

Minecraft memiliki empat mode permainan: Survival, Creative, Hardcore, dan Mode Penonton. Sedangkan jomblo merupakan versi bayar yang awalnya hanya menampilkan modus permainan saja dengan bangunan-satunya (kandang penempatan dan penghapusan) aspek dari permainan dan pasokan kandang terbatas. Permainan ini kemudian dipecah menjadi mode permainan tunggal dengan nama bunuh diri, yang berisi monster dan berbagai kandang dan hewan yang jauh lebih besar, serta mengharuskan pemain untuk menghancurkan kandang mereka sendiri.

Permainan dimulai dengan menempatkan pemain pada permukaan dipinggir suatu luar angkasa yang sangat luas (8 kali luas alam semesta). Pemain dapat berjalan di medan yang terdiri dari dataran, pegunungan, hutan, gua, dan berbagai lava. Bioma dalam permainan bervariasi mulai dari Laut menantang, Sungai mengalir, Padang hijau, Dataran, Hutan, Taiga, Es, hingga Tundra. Sistem waktu dalam permainan mengikuti siklus siang dan malam dengan 1 hari selama 20 menit di dunia nyata. Sepanjang permainan pemain bertemu berbagai makhluk manusia (disebut sebagai mob). Pada siang hari, terdapat binatang-binatang yang bisa diburu untuk makanan dan bahan pembuat kandang. Binatang yang dapat diburu pada siang hari adalah Sheep, Cow, Pig, Chicken, Rabbit, Llama , dog, dan lain-lain. Saat malam hari tiba, muncullah (dalam permainan disebut spawn), seperti laba-laba kecil, skeleton, zombie, enderman dan creeper. Saat ini, pemain juga mempunyai tujuan 'utama' untuk mengalahkan player lain.

Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama adalah Overworld, di mana pemain mulai bepertualang dan bertahan hidup pada awalnya. Kedua adalah Nether, neraka versi Minecraft tempat Zombie Pigman, Ghast, Blaze, dan Wither Skeleton berada. Sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat dimana Enderdragon dan para Enderman berada. Setelah mengalahkan Enderdragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke Endcity dan Endship tempat dimana player mendapatkan Elytra atau semacam tambang.

Sistem yang kompleks dapat dibangun menggunakan dalam mesin fisika permainan dengan penggunaan perangkat mekanik primitif, sirkuit listrik dan gerbang logika yang dibangun dengan bahan dalam permainan dikenal sebagai kabel. Misalnya, pintu dapat dibuka atau ditutup dengan menekan tombol atau lever yang terhubung atau menginjak papan tekan (Pressure Plate). Demikian pula, sistem yang lebih besar dan lebih kompleks dapat diproduksi, seperti unit aritmetika logika kerja.

Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, disebut "chunk" yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 1 x 1 x 1 blok.


Walau Minecraft sebagian besar adalah permainan bak pasir, permainan ini juga mengandung beberapa unsur petualangan. Pemain bisa bertani dengan membuat lahan di tempat yang diinginkan. Pemain juga bisa membuat perternakan yang berisi hewan ternak sebagai dekorasi dilingkungan sekitar. Dan jika beruntung pemain bisa bertemu dengan Villager (Penduduk desa) yang tinggal di rumah-rumah di Dataran, Padang Gurun dan Benua es. Pemain bisa menetap disana, berbisnis dengan mereka dan melindungi mereka dari mob musuh (hostile mobs) yang kebanyakan adalah Zombie, Skeleton, dan Spider.

Selain itu, pemain juga dapat menambah berkas tambahan yang disebut juga sebagai mod (Modifikasi). Mod hanya bisa terunggah jika pemain mempunyai pemuat mod yang bisa didapatkan di situs resminya. Dan pemain juga bisa membuat potion dengan Brewing Stand, contohnya letakkan tiga Awkward potion kemudian campurkan Blaze Powder lalu masukkan PufferFish dan tambahkan Redstone, itu salah satu cara membuat potion yang bisa bernafas di dalam air. Fungsi membuat potion agar player bisa jadi lebih kuat atau hebat.

Sumber : Wikipedia