GameReview

Game Developer

Game developer adalah sebuah profesi dimana seseorang membuat suatu permainan dengan bahasa pemograman tertentu yang nantinya dipublikasikan. Game yang dibuat tersebut tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi game ini. Profesi game developer ini terbagi kedalam beberapa bidang, diantaranya :

  • Team Leader
    Bagian ini biasanya hanya disi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya.
  • Game Designer
    Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.
  • Producer
    Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.
  • Programmer
    Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.
  • Artist
    Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.
  • Composer (Music Editor)
    Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.
  • Script And Text Editor
    Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu character yang cocok dengan skrip yang telah dibuat.
  • Cinematic
    Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketika dimainkan.

 

Tokoh Game Developer

  • Will Wright
    Will Wright adalah co-founder dari Maxis, developer yang terkenal karena seri game Sim. Nama Maxis dan Will Wright pertama terkenal melalui game SimCity yang dirilis pada tahun 1989. GameSimCity banyak dianggap orang sebagai salah satu game paling berpengaruh di dunia. Game ini bisa dibilang merupakan salah satu game yang menjadi blueprint dari seluruh game simulasi yang ada sekarang. Setelah kesuksesan SimCity, Maxis mengeluarkan berbagai game lain seperti SimAnt, SimEarth, dan lain sebagainya sampai pada tahun 1997 perusahaan ini menarik perhatian EA dan akhirnya dibeli oleh EA. Pada tahun 2000, Will Wright merilis game yang nantinya akan menjadi game PC dengan penjualan terbaik saat itu, game yang saya maksud tak lain dan tak bukan adalah The Sims. Game yang mensimulasikan kehidupan individu dari para sims ini begitu populer sampai Maxis merilis berbagai macam expansion pack untuk game ini.
  • Gabe Newell
    Gabe Newell atau biasa disingkat Gaben oleh fans, adalah co-founder dari Valve Corporation. Beliau adalah salah satu orang di balik kesuksesan game seperti Half-Life, Counter Strike, Portal,Team Fortress, dan Left 4 Dead. Selain kontribusi besar melalui game, beliau juga salah satu orang yang berperan besar dalam pengembangan layanan distribusi game secara digital paling besar di dunia, Steam.
    Newell adalah seorang drop-out dari Harvard University yang bekerja untuk Microsoft. Setelah 13 tahun bekerja untuk Microsoft, terinspirasi dari rekan kerja beliau yaitu Michael Abrash yang keluar dari Microsoft untuk mengerjakan Quake untuk id Software, Newell dan Mike Harrington memutuskan untuk keluar dari Microsoft dan mulai mengerjakan game berjudul Half-Life. Saat mengerjakan game ini, mereka menggunakan dana dari tabungan pribadi, dan mulai menerima keuntungan setelah Half-Life dirilis dengan respon yang luar biasa positif. Setelah kesuksesan Half-Life, Harrington meninggalkan Valve dan memutuskan kerja samanya dengan Newell, membuat Newell menjadi pemilik utama dari Valve.

 

Penghasilan Game Developer

Penghasilan game developer sangat menjanjikan, tentu saja haltersebut dipengaruhi berbagai hal, seperti halnya kualitas game itu sendiri dan bagaimana cara promosi dari game tersebut. Namun ada beberapa sumber seorang game developer mendapatkan penghasilan tersebut diantaranya :

  • Penjualan Game
    Menjual game merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang. Karena kita hanya perlu membuat game dan menjualnya. Kita sebagai developer akan mendapatkan uang dari setiap penjualan game. Coba tengok developer game besar seperti EA Sport dan Ubisoft. Mereka mendapatkan banyak sekali uang dari penjualan game yang dibuatnya.
  • Menjual Item Premium
    Seperti halnya game Clash of Clans, mereka menawarkan item premium berupa gems yang nantinya dapat digunakan sebagai alat tukar untuk membeli item lainnya. Dengan adanya item tersebut seorang gamer dapat terbantu dalam bermain game, hal tersebut tentunya akan sangat membantu sehingga item yang dijual tersebut akan terus dibeli.
  • Memasang Iklan didalam game
    Memsang iklan merupakan salah satu cara yang sepertinya paling menguntungkan untuk para pengembang game, karena dengan cara ini pengembang game bisa mendapatkan penghasilan dari para pengiklan dan tidak membuat para pemain game gratisan tersebut mengeluarkan uang untuk bermain game. Flappy bird adalah salah satu game yang sukses dengan metode ini. Setidaknya flappy bird bisa menhgasilkan sekitar $50.000 per hari atau setara dengan 500 juta rupiah perhari apabila kurs dollar adalah 10.000
Environment artist Eric Elton works on a Halo video game Friday, Oct. 5, 2007, at Bungie Studios in Kirkland, Wash. Microsoft Corp. has spun off Bungie Studios, creator of the blockbuster “Halo” video game trilogy, but said Friday it will maintain close ties with the company and own a minority stake in it. Privately held Bungie LLC will develop games exclusively for Microsoft’s Xbox 360 and Windows PC platforms “for the foreseeable future,” said Harold Ryan, Bungie’s president and studio head, in an interview. The two companies said they will continue to work together to support the “Halo” franchise _ including “Halo 3” released Sept. 25 _ and will expand their partnership to include new games. (AP Photo/Elaine Thompson)

Perangkat Lunak dalam Pembuatan Game

  • AGS( Adventure Game Studio)
    AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
  • Macromedia Flash
    Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan, program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.
  • Construct 2
    Program ini adalah salah satu inovasi dalam pembuatan game, dimana aplikasi yang dibuat mampu dipublikasikan kedalam semua perangkat. Dengan memiliki banyak kelebihan, aplikasi ini dijual dengan harga 150 US Dollar. Banyak orang menggunakan aplikasi ini dalam membuat game untuk android maupun IOS.
  • Game Maker
    Game maker adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D ,tapi anda tidak bisa membuat game sekelas dengan Eart of empire II, pada aplikasi ini! karena ketersediaan alat pada game maker sangat terbatas, sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2 dinensi,untuk bisa membuat game yang bisa digunakan untuk membuat game 3Dimensi ini antara lain:
  • dst

Sumber : http://gamedevepler.blogspot.co.id/

Artikel Terkait

Check Also

Close
Close